Rabu, 06 Juli 2011

Komponen - Komponen Komputer

KOMPUTER
Definisi Komputer
Menurut bahasa,Komputer berasal dari bahasa latin “COMPUTARE” atau to Compute yang artinya Menghitung (alat hitung).
MenurutV.C.Hamacher,Z.G.Vranesic dan S.G.Zaky yang tergabung dalam Computer Organization,komputer didefinisikan sebagai sebuah mesin penghitung elektronik yang cepat dapat menerima informasi input digital, memprosesnya sesuai dengan suatu program yang tersimpan dimemorinya (stored program) dan menghasilkan output informasi.
A.   BRAINWARE (MANUSIA)
Merupakan operator atau manusia yang terlibat di dalam mengoperasikan serta mengatur sistem komputer yang dapat juga disebut sebagai pengguna.

Brainware dapat di kategorikan menjadi 2 yaitu :
1.       Laterat komputer
Kategori Laterat komputer merupakan seorang pengguna/user yang memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang apakah komputer dan bagaimana alat tersebut digunakan.
2.       Kompeten komputer
Seorang kompeten komputer menguasai terminologi komputer yang digunakan, menguasai fungsi bagian-bagian sistem komputer, dan memiliki keterampilan menggunakan komputer untuk menghasilkan informasi atau melakukan tugas-tugas yang diinginkan.

B.     HARDWARE (PERANGKAT KERAS)

1.     Komponen Dasar Perangkat Keras Komputer

Perangkat keras atau disebut juga piranti keras adalah peralatan di sistem komputer yang secara fisik terlihat dan dapat dijamah

Perangkat keras sistem komputer dapat diklasifikasikan dalam 5 (lima) kelompok yaitu;
1. Input Device
Operasi input berarti menempatkan data ke dalam memori utama komputer.Data merupakan input bagi komputer, dan selanjutnya data tersebut digunakan untuk proses komputer yang ditangani oleh unit CPU. Data-data yang ada dalam memori utama diproses sesuai dengan instruksi-instruksi yang terdapat pada program komputer.

 
Berdasarkan fungsi atau penggunaannya, peralatan input dapat digolongkan ke dalam dua golongan, yaitu:

a.   Peralatan input langsung
Peralatan input langsung memungkinkan input diproses secara langsung oleh CPU seperti misalnya keyboard, mouse, scanner, censor dan voice recognizer.
v  Keyboard
Keyboard (papan ketik) adalah peralatan input yang paling umum dan banyak digunakan. Input dimasukkan ke peralatan proses dengan cara mengetikkan lewat tombol-tombol yang ada di keyboard.


v  Mouse
Mouse adalah pointing device yang digunakan untuk mengatur posisi cursor dilayar.

v  Scanner
Scanner adalah alat untuk membaca sebuah dokumen baik gambar maupun teks yang dapat disimpan secara digital ke dalam komputer.



v . Voice Recognition
Voice atau Speech Recognizer adalah sebuah peralatan input yang bertujuan untuk memasukkan input suara manusia secara langsung. Peralatan input jenis ini yang paling populer adalah Microphone.



b.  Peralatan input tidak langsung.

Memasukkan input secara tidak langsung berarti data yang dimasukkan tidak langsung diproses oleh CPU, tetapi disimpan terlebih dahulu ke suatu media machine readable form (bentuk yang hanya bisa dibaca oleh komputer) yang berbentuk simpanan luar (external memory) misalnya pita magnetik (magnetic tape) atau disk magnetik (magnetic/floppy disk). Hal ini akan dibahas pada bagian memori. Peralatan input tak langsung ini juga dapat digolongkan menjadi peralatan penyimpanan (Storage Device)

2.       Peralatan Pemroses / CPU (Processing Device)
Peralatan pemroses adalah suatu mekanisme dimana input atau masukan yang berupa instruksi tunggal maupun rangkaian instruksi (program) diproses/diolah untuk mendapatkan output atau hasil keluaran berupa informasi atau data dalam bentuk/format yang lain seperti yang diinginkan oleh pengguna komputer

CPU disusun oleh beberapa komponen seperti :
v Processor
processor adalah otak manusia tersebut. Processor atau CPU (Central Processing Unit) adalah sebuah komponen komputer yang bertugas untuk mengeksekusi instruksi atau melakukan perhitungan-perhitungan.\


v Motherboard
Motherboard atau mainboard adalah komponen dasar PC yang sangatpenting, merupakan papan utama dimana banyak komponen PC yang lain ditempatkan di situ.


v Memory
Memory yang terdapat dalam sebuah komputer dapat dibagi menjadi dua kategori, yaitu memory yang bersifat internal terhadap sistem yang dapat diakses secara langsung oleh prosesor dan memory yang bersifat eksternal yang dapat diakses oleh prosesor melalui modul I/O atau storage device.

Memory Internal :
1.       Read Only Memory (ROM)
Memori ini hanya dapat dibaca saja, programmer tidak bisa mengisi sesuatu kedalam ROM.



2.      Cache Memory
suatu blok dari high-speed memory yang terletak diantara CPU dan main memory yang digunakan untuk menyimpan data dan CPU Cache Memory Main Memory instruksi yang sangat sering digunakan.

3.      Random Access Memory (RAM)
sebuah komponen komputer yang berfungsi untuk menyimpan data sementara dari suatu program yang sedang kita jalankan dan data-data tersebut bisa diakses secara acak atau random

Struktur dari RAM dibagi menjadi 4 bagian, yaitu :

 Input storage, digunakan untuk menampung input yang dimasukkan lewat alat input.
 Program storage, digunakan untuk menyimpan instruksi-instruksin program yang akan diproses.
 Working storage, digunakan untuk menyimpan data yang akan diolah dan hasil dari pengolahan.
 Output storage, digunakan untuk menampung hasil akhir dari pengolahan data yang akan ditampilkan ke output.


v Video Card
adalah piranti yang berfungsi menghasilkan sinyal yang mengoperasikan monitor. Tanpa video card, monitor tidak bisa berfungsi, karena penghasil sinyal yang mengoperasikan monitornya tidak tersedia.

v Sound Card
adalah sebuah komponen komputer yang berfungsi untuk menghasilkan suara dan menyediakan port-port inputan dan outputan. Sound card biasanya telah disediakan secara onboard di motherboard-motherboard baru yang ada di pasaran saat ini, jadi kalian tidak perlu mengeluarkan dana ekstra untuk membeli sebuah sound card.


4. Peralatan Penyimpanan (STORAGR DEVICE)

External Memory adalah memori yang bersifat nonvolatile dimana data yang disimpan di dalamnya tidak akan hilang ketika sistem mati.

1.       Floppy Disk
adalah media penyimpanan yang bersifat flexible removable.Floppy disket dibuat dari plastik.

2.       Hard Disk Drives
adalah sebuah alat yang berfungsi untuk menyimpan data. Hard disk terdiri dari benda keras, piringan hitam yang biasanya terbuat dari alumunium atau gelas.


3.       Optical Disk
Mulai tahun 1983 sistem penyimpanan data di optical disk mulai diperkenalkan dengan diluncurkannya Digital Audio Compact Disc. Setelah itu mulai berkembanglah teknologi penyimpanan pada optical disk ini.


4.       FlashDisk
Flash Disk merupakan eksternal memory yang dapat digunakan untuk menyimpan data dengan kapasitas besar.


5.   Peralatan Output (output device)

Peralatan Output berfungsi untuk menampilkan hasil dari pengolahan Peralatan Pemroses. Hasil dari pengolahan tersebut bisa berbentuk gambar, teks maupun suara.
v Monitor
Monitor adalah komponen komputer yang berfungsi untuk menampilkan gambar yang di-output dari video card.


v Printer
Printer adalah Peralatan Output yang berfungsi untuk mencetak.


v Audio( Speaker)
Peralatan ini dijumpai apabila seseorang menghedaki output dalam bentuk suara.


v LCD Projector
LCD Projector adalah sebuah peralatan output yang menampilkan hasilnya ke layar. Peralatan ini sering digunakan untuk presentasi atau sebagai pengganti OHP.


JARINGAN KOMPUTER

Jaringan Komputer adalah sekelompok komputer otonom yang saling berhubungan antara satu dengan lainnya menggunakan protokol komunikasi melalui media komunikasi sehingga dapat saling berbagi informasi, program – program, penggunaan bersama perangkat keras seperti printer, harddisk, dan sebagainya.
Manfaat yang didapat dalam membangun jaringan komputer, yaitu :
1.      Sharing resources
Sharing resources bertujuan agar seluruh program, peralatan atau peripheral lainnya dapat dimanfaatkan oleh setiap orang yang ada pada jaringan komputer tanpa terpengaruh oleh lokasi maupun pengaruh dari pemakai.
2.      Media Komunikasi
Jaringan komputer memungkinkan terjadinya komunikasi antar pengguna, baik untuk teleconference maupun untuk mengirim pesan atau informasi yang penting lainnya.
3.      Integrasi Data
Jaringan komputer dapat mencegah ketergantungan pada komputer pusat, karena setiap proses data tidak harus dilakukan pada satu komputer saja, melainkan dapat didistribusikan ke tempat lainnya. Oleh sebab inilah maka dapat terbentuk data yang terintegrasi yang memudahkan pemakai untuk memperoleh dan mengolah informasi setiap saat.
4.      Pengembangan dan Pemeliharaan
Pengembangan peralatan dapat dilakukan dengan mudah dan menghemat biaya, karena setiap pembelian komponen seperti printer, maka tidak perlu membeli printer sejumlah komputer yang ada tetapi cukup satu buah karena printer itu dapat digunakan secara bersama – sama. Jaringan komputer juga memudahkan pemakai dalam merawat harddisk dan peralatan lainnya, misalnya untuk memberikan perlindungan terhadap serangan virus maka pemakai cukup memusatkan perhatian pada harddisk yang ada pada komputer pusat.
5.      Keamanan Data
Sistem Jaringan Komputer dapat memberikan perlindungan terhadap data. Karena pemberian dan pengaturan hak akses kepada para pemakai, serta teknik perlindungan terhadap harddisk sehingga data mendapatkan perlindungan yang efektif.
6.        Sumber Daya Lebih Efisien dan Informasi Terkini
Dengan pemakaian sumber daya secara bersama – sama, akan mendapatkan hasil yang maksimal dan kualitas yang tinggi. Selain itu data atau informasi yang diakses selalu terbaru, karena setiap ada perubahan yang terjadi dapat segera langsung diketahui oleh setiap pemakai.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar